Nama Dosen
|
:
|
Program Studi
|
: S-1 Keperawatan
|
Kode Mata Kuliah
|
: Kep. 049
|
Nama Mata Kuliah
|
: Sistem Neurobehaviour
|
Jumlah SKS
|
: 4/ empat
|
Kelas/Semester
|
: 3/tiga
|
Pertemuan
|
: IV/Empat
|
Alokasi Waktu
|
:200 menit
|
Topik/Pokok Bahasan
|
:
Patofisiologi persyarfan
|
I. Standar Kompetensi
Memahami dan menjelaskan tentang Patofisiologi
persyarfan
|
II. Kompetensi Dasar
Mampu memahami Patofisiologi persyarfan
|
III. Indikator
Pada akhir mata kuliah mahasiswa mampu memahami pengertian,
etiologi dan tanda gejala tentang:
|
IV. Materi Ajar
1.
Hidrosefalus
2.
Tekanan intra kranial/desak ruang
3.
Epilepsi
4.
CVA reflek
|
VI. Metode pembelajaran /Strategi Pembelajaran
Ceramah : interactive lecturing, tanya jawab, everyone is a teacher here, presentasi
dan diskusi
|
VII. Tahap Pembelajaran
A. Kegiatan awal
Pengantar (mengucap salam, membuka perkuliahan dengan basmalah)
Pre test tentang patofisiologi persyarafan
B.
Kegiatan Inti
Dosen menerangkan dan menjelaskan
tentang patofisiologi sistem neurologi, mahasiswa mendengarkan dengan seksama
dan aktif bertanya saat diberikan season pertanyaan.
C. Kegiatan Akhir
Dosen menyimpulkan hasil diskusi, kontrak topik, waktu
dan tempat untuk pertemuan yang akan datang, menutup pembelajaran dengan
khamdalah bersama, salam
|
VIII. Alat/Media
Kertas, Bahan ajar (handout),Ballpoint/spidol, LCD, Laptop
|
IX. Alat/Bahan/Sumber
Belajar
LCD, Laptop, Handout, buku ajar
Brunner&Suddarth, 2002, Buku ajar
Keperawatan Medikal Bedah, Jakarta, EGC.
Syaifuddin, 1997, Anatomy fisiologi, edisi 2,
jakarta, EGC.
R. Putz & R. Pabst, 2007, Sobotta/atlas
anatomy manusia, edisi 22, Jakarta, EGC.
|
X. Penilaian
|
0 komentar:
Posting Komentar