Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Minggu, Desember 21, 2014

SATUAN ACARA PEMBELAJARAN




SATUAN ACARA PEMBELAJARAN

Nama Dosen
:
Program Studi
: S-1 Keperawatan
Kode Mata Kuliah
: Kep. 049
Nama Mata Kuliah
: Sistem Neurobehaviour
Jumlah SKS
: 4/ empat
Kelas/Semester
: 3/tiga
Pertemuan
: IV/Empat
Alokasi Waktu
:200 menit
Topik/Pokok Bahasan
: Patofisiologi persyarfan


I. Standar Kompetensi
Memahami dan menjelaskan tentang Patofisiologi persyarfan

II. Kompetensi Dasar
    Mampu memahami Patofisiologi persyarfan

III. Indikator
Pada akhir mata kuliah mahasiswa mampu memahami pengertian, etiologi dan tanda gejala tentang:
  1. Hidrosefalus
  2. Tekanan intra kranial/desak ruang
  3. Epilepsi
  4. CVA

IV. Materi Ajar
1.                Hidrosefalus
2.                Tekanan intra kranial/desak ruang
3.                Epilepsi
4.                CVA reflek

VI. Metode pembelajaran /Strategi Pembelajaran
Ceramah : interactive lecturing, tanya jawab, everyone is a teacher here, presentasi dan diskusi


VII. Tahap Pembelajaran
A.    Kegiatan awal
         Pengantar (mengucap salam, membuka perkuliahan dengan basmalah)
         Pre test tentang patofisiologi persyarafan
B.     Kegiatan Inti
Dosen menerangkan dan menjelaskan tentang patofisiologi sistem neurologi, mahasiswa mendengarkan dengan seksama dan aktif bertanya saat diberikan season pertanyaan.
C.    Kegiatan Akhir
Dosen menyimpulkan hasil diskusi, kontrak topik, waktu dan tempat untuk pertemuan yang akan datang, menutup pembelajaran dengan khamdalah bersama, salam




VIII. Alat/Media
Kertas, Bahan ajar (handout),Ballpoint/spidol, LCD, Laptop


IX. Alat/Bahan/Sumber Belajar
LCD, Laptop, Handout, buku ajar
Brunner&Suddarth, 2002, Buku ajar Keperawatan Medikal Bedah, Jakarta, EGC.
Syaifuddin, 1997, Anatomy fisiologi, edisi 2, jakarta, EGC.
R. Putz & R. Pabst, 2007, Sobotta/atlas anatomy manusia, edisi 22, Jakarta, EGC.



X. Penilaian
  1. Berfikir kritis dan Keaktifan diskusi
  2. Hasil diskusi
  3. Ujian tengah semester


0 komentar:

Posting Komentar